Select Language

Indonesia Membaca, Indonesia Pintar, Indonesia Sejahtera

SELAMAT DATANG DI BLOG
"DUNIA PENDIDIKAN"

     Merupakan media dan tempat dalam mencari segala informasi terkait dunia pendidikan. Anda dapat mencari artikel, software, aplikasi maupun segala informasi yang diperlukan. Silahkan masukkan keywoard pada "search" untuk memudahkan pencarian.
Berikut adalah link ebook yang dapat diunduh :


Senin, 30 Juli 2012

Seni Budaya : Lestarikan Budaya Gamelan Dengan Perkembangan Teknologi

Banyak cara untuk melestarikan budaya lokal, salah satunya adalah dengan membuatnya lebih modern mengikuti perkembangan zaman. Setelah beberapa bulan yang lalu hadir aplikasi angklung di Android market (kini Google Play Store). Kini hadir lagi sebuah aplikasi buatan anak negeri yang pastinya akan lebih melestarikan budaya dan kesenian lokal.


Aplikasi yang dinamai Gamelan Toetoel ini kini telah tersedia di Google Playstore. Gamelan sendiri merupakan kesenian tradisional yang telah dikembangkan di Indonesia sejak zaman kerajaan Majapahit.
Alat musik yang berkembang di bagian Pulau Jawa, Madura, Bali, serta Lombok ini kini bisa dimainkan melalui Smartphone Android kamu. Aplikasi yang namanya biasa disingkat menjadi Gatoel ini bisa memainkan tujuh macam alat musik gamelan, yaitu degung, saron, peking, slentem, kempul, bonang penerus, dan bonang barung dengan dua tangga nada, yakni pelog dan slendro.


Cara menggunakanya pun sangat mudah. Cukup klik gambar macam alat musik yang diperlukan maka secara otomatis akan mengeluarkan bunyi sesuai yang diinginkan penggunanya. Software ini dikembangkan di Laboratorium B201 Computer and Telematics Engineering Teknik Elektro Institute Teknologi Surabaya (ITS).


Jika tertarik, kamu bisa memiliki aplikasi ini dengan cara langsung mendownloadnya secara gratis di Google Play Store.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mobile Edition
By Blogger Touch